Selasa, 22 April 2014

Membuat kalkulator dengan NetBeans

Tugas ke Tiga Struktur data membuat applikasi kalkulator. Saya membuatnya menggunakan NetBeans versi 7.4 yang dikasih sama pak eko. hehe…. Terima kasih pak softwarenya sehingga saya bias menyelesaikan tugas Septia Lutfi M.kom. langsung saja di bawah ini saya akan menulis langkah-langkah serta sintaknya yang dapet dari Blogger-blogger tetangga.

Kita buka program NetBeans yang sudah terinstal di PC kemudian buat project applikasi baru
Klik fileà New Project.
Pilih kategori Java, dan Project Java Application Lalu Klik Next à
Membuat Project Aplikasi Java Baru
Tampilan Membuat Projeck Applikasi Java Baru

Nama project saya kasih nama KalkulatorSederhana.
Uncheck Create Main Class. Karena pada saat akan membuat program nanti akan menggunakan Class JFrame sebagai main class.
Penamaan dan lokasi project java
Pemberian Nama dan Lokasi Projeck Java.
Setelah member nama kemudian klik Finish. Project telah selesai dibuat.
Kemudian kita mendesain tampilan kalkulator yang akan dibuat.
Klik kanan pada package <default package> à New à JFrame Form isi nama kelas dengan Tampilan Kalkulator. Tidak bolah ada spasi dalam pemberian penamaan kelas, lalu klik Finish
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPE0KCHUsT8X9V5PKVna8Y_ynw1wHrF5jVAjOXxPIe5s5ZZuIQDzfhvaeFDPa3n9XQ34L5N3YJyfBrYH_3jKwg-y08f-5xtcLMf-xwRrlSfz43xuhSDPmfyLBcPPxNzCAqUP_QkaYIhQ/s1600/kalkulator+java+netbeans+4.JPG
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, saya saranin memakai Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya pastikan Windows Navigator sudah diaktifkan (Window à Navigating à Navigator).
Cara mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumen TampilanKalkulator.java lalu lihat window Navigator  (sebelah kiri layar) à klik kanan di [JFrame] à Set Layout à Absolute Layout
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirDEvQaqtVhMaXM_gr28qaOVo_PbP4USHbuS4R4RyfzJ35XjwZQ3XaXHtvZ482fxAa574jjn0AAa2N9q0GI75oFRBFNNBFD83dvIoDE29SI0Uxll0kcGnm1VmXj-sciEA7Wi2DhxYjTA/s1600/kalkulator+java+netbeans+6.jpg
Mendesain tampilan aplikasi

Sekarang adalah saatnya mendesain tampilan applikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop dari window pallete ( Window à Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design TampilanKalkulator.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkulator seperti berikut
Desain Kalkulator Sederhana di NetBeans

Untuk mengubah teks dan nama variable komponen caranya :
Klik kanan pada komponen yang akan di modif à Edit Text ( Untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name (untuk mengubah nama variable komponen)

Menulis Kode Java
Setelah membuat desain interfacenya sekarang kurang mengisi kodingan Java nya.


public class TampilanKalkulator extends javax.swing.JFrame {




String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;

Untuk mengisi kodingan secara default tinggal Double Click pada komponen yang akan di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed (Panjangnya klik kanan pada komponen yang di inginkan à Events à Action à ActionPerformed).

Kode-kode yang harus ditulis
Tombol 0 sd 9


angka += "x";
display.setText(angka);
x sesuai dengan angka yang akan ditampilkan di display (JTextField)
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.

Tombol Koma (,)


angka += ".";
display.setText(angka);
Menambahkan symbol koma/point

Tombol C (Clear)





display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Memastikan semua komponen dan variable bernilai noll/ null,

Tombol (+)




angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+).

Tombol (-)




angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)




angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol (/)




angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;

Tombol (=)




























    switch(pilih){
        case 1:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 + angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 2:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 - angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 3:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 * angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 4:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 / angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 5:
            jumlah = Math.sqrt(angka1);
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 6:
            jumlah = angka1 / 100;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
               case 7:
            jumlah = Math.pow(angka1, 2);
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 8:
            jumlah = Math.sin(angka1);
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 9:
            jumlah = Math.cos(angka1);
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 10:
            jumlah = Math.tan(angka1);
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
            default:
            break;
    }                   
    }

Tombol Akar (
        angka1=Double.parseDouble(angka);
        display.setText("√");
        angka="";
        pilih=5;
    }

Tombol persen (%)
        angka1=Double.parseDouble(angka);
        display.setText("%");
        angka="";
        pilih=6;
    }

Tombol Angka nol double (00)
         angka += "00";
        display.setText(angka);
    }

Tombol Pangkat ("^")
        angka1=Double.parseDouble(angka);
        display.setText("^");
        angka="^";
        pilih=7
    }

Tombol Sin
angka1=Double.parseDouble(angka);
        display.setText("sin");
        angka="";
        pilih=8;
    }

Tombol Cos
angka1=Double.parseDouble(angka);
        display.setText("cos");
        angka="";
        pilih=9;
    }

Tombol Tan
angka1=Double.parseDouble(angka);
        display.setText("tan");
        angka="";
        pilih=10;
    }

Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadiString agar yang bisa ditampilkan di display.

Penyempurnaan Tampilan
Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.

Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.

·         Isi title JFrame.
·         Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame di aplikasi kalkulator
Properti JFrame

Menjalankan Applikasi
Terakhir adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run à Run Project atau Run File.
Aplikasi Kalkulator Sederhana
Kalkulator selesai dibuat menggunakan NetBeans

Download project nya disini 

2 komentar:

  1. infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan.. http://goo.gl/3SVkOQ

    BalasHapus
  2. angka+="x";
    display.setText(angka);
    di displaynya kok error, penjelasannya gimana?

    BalasHapus