Tugas
ke Tiga Struktur data membuat applikasi kalkulator. Saya membuatnya menggunakan
NetBeans versi 7.4 yang dikasih sama pak eko. hehe…. Terima kasih pak
softwarenya sehingga saya bias menyelesaikan tugas Septia Lutfi M.kom. langsung
saja di bawah ini saya akan menulis langkah-langkah serta sintaknya yang dapet
dari Blogger-blogger tetangga.
Kita
buka program NetBeans yang sudah terinstal di PC kemudian buat project
applikasi baru
Klik fileà
New Project.
Pilih
kategori Java, dan Project Java Application Lalu Klik Next à
Tampilan Membuat Projeck Applikasi Java Baru
Nama
project saya kasih nama KalkulatorSederhana.
Uncheck
Create Main Class. Karena pada saat
akan membuat program nanti akan menggunakan Class JFrame sebagai main class.
Pemberian Nama dan Lokasi Projeck Java.
Setelah
member nama kemudian klik Finish. Project
telah selesai dibuat.
Kemudian
kita mendesain tampilan kalkulator yang akan dibuat.
Klik
kanan pada package <default
package> à New
à
JFrame Form isi nama kelas dengan
Tampilan Kalkulator. Tidak bolah ada spasi dalam pemberian penamaan kelas, lalu
klik Finish
Untuk
mempermudah membuat desain tampilannya, saya saranin memakai Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya
pastikan Windows Navigator sudah diaktifkan (Window
à Navigating à
Navigator).
Cara
mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumen TampilanKalkulator.java lalu lihat window Navigator (sebelah
kiri layar) à
klik kanan di [JFrame] à
Set Layout à Absolute Layout
Mendesain tampilan aplikasi
Sekarang
adalah saatnya mendesain tampilan applikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop
dari window pallete ( Window à
Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design TampilanKalkulator.java kita, geser kiri
kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkulator seperti berikut
Desain Kalkulator Sederhana di NetBeans
Untuk
mengubah teks dan nama variable komponen caranya :
Klik
kanan pada komponen yang akan di modif à
Edit Text ( Untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name (untuk mengubah
nama variable komponen)
Menulis
Kode Java
Setelah
membuat desain interfacenya sekarang kurang mengisi kodingan Java nya.
public class TampilanKalkulator extends
javax.swing.JFrame {
|
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;
|
Untuk
mengisi kodingan secara default tinggal Double
Click pada komponen yang akan di inginkan maka kita langsung menggunakan
Event actionPerformed (Panjangnya
klik kanan pada komponen yang di inginkan à Events à
Action à ActionPerformed).
Kode-kode
yang harus ditulis
Tombol
0 sd 9
angka += "x";
display.setText(angka);
|
x sesuai
dengan angka yang akan ditampilkan di display (JTextField)
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Tombol
Koma (,)
angka += ".";
display.setText(angka);
|
Menambahkan
symbol koma/point
Tombol
C (Clear)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
|
Memastikan
semua komponen dan variable bernilai noll/ null,
Tombol
(+)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
|
Variabel angka1 merupakan
penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan
bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe
data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+).
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+).
Tombol
(-)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
|
Tombol
(x)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;
|
Tombol
(/)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;
|
Tombol
(=)
switch(pilih){
case 1:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 + angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 2:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 - angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 3:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 * angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 4:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 / angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 5:
jumlah =
Math.sqrt(angka1);
angka =
Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 6:
jumlah =
angka1 / 100;
angka =
Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 7:
jumlah
= Math.pow(angka1, 2);
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 8:
jumlah = Math.sin(angka1);
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 9:
jumlah = Math.cos(angka1);
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 10:
jumlah = Math.tan(angka1);
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
default:
break;}
}
|
Tombol
Akar (
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("√");
angka="";
pilih=5;
}
Tombol
persen (%)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("%");
angka="";
pilih=6;
}
Tombol Angka nol double (00)
angka += "00";
display.setText(angka);
}
Tombol Pangkat ("^")
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("^");
angka="^";
pilih=7
Tombol Angka nol double (00)
angka += "00";
display.setText(angka);
}
Tombol Pangkat ("^")
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("^");
angka="^";
pilih=7
}
Tombol Sin
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("sin");
angka="";
pilih=8;
}
Tombol Cos
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("cos");
angka="";
pilih=9;
}
Tombol Tan
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("tan");
angka="";
pilih=10;
}
Tombol Sin
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("sin");
angka="";
pilih=8;
}
Tombol Cos
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("cos");
angka="";
pilih=9;
}
Tombol Tan
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("tan");
angka="";
pilih=10;
}
Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadiString agar yang bisa ditampilkan di display.
Penyempurnaan
Tampilan
Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan
beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih
teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.
Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn
JFramenya --> Properties.
·
Isi title JFrame.
·
Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada
saat program di Run user tidak bisa di
mengubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame
Menjalankan
Applikasi
Terakhir
adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik
Run à
Run Project atau Run File.
Aplikasi Kalkulator Sederhana
Kalkulator
selesai dibuat menggunakan NetBeans
Download
project nya disini
infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan.. http://goo.gl/3SVkOQ
BalasHapusangka+="x";
BalasHapusdisplay.setText(angka);
di displaynya kok error, penjelasannya gimana?